STUDIO TOUR: Belajar dari Para Arsitek Profesional

Studio Tour, merupakan sebuah kegiatan yang diinisiasi oleh sejumlah mahasiswa Arsitektur UINSA untuk mengunjungi langsung dan merasakan suasana studio arsitektur di dunia nyata. Awal mulanya kegiatan ini tercetus saat salah seorang arsitek profesional, Bapak Hari Soenarko mengundang rekan-rekan mahasiswa Arsitektur UINSA untuk bertandang ke studio beliau. Dari sini kemudian konsep Studio Tour bergulir, dari satu menjadi  bertambah empat Studio Arsitektur lagi untuk dikunjungi, diantaranya Gursiji Studio, KsAD Studio, Andy Rahman Architect, dan ARA Studio.

Studio tour pertama di buka dengan kunjungan ke Gursiji Studio milik pak Gayuh Budi Utomo dan diawali dengan pemberian wejangan serta motivasi dari Bapak Gayuh kepada mahasiswa. Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi karya dan perjalanan karir beliau yang dilanjut dengan keliling Gursiji Studio sembari disisipi diskusi ringan seputar topik masa depan arsitektur Indonesia, konsep studio, magang dan topik menarik lainnya.

Tujuan kedua adalah KsAD Studio milik Bapak Yuli Kalson Sagala, yang sekaligus merupakan ketua IAI Provinsi Jawa Timur. Selain melihat hasil-hasil karya beliau dan tim, kunjungan ini juga diselingi dengan diskusi ringan seputar topik  sustainable design, peran arsitek dalam perusahaan developer dan perbedaan karakter profesi arsitek antata luar negeri dan dalam negeri.

ksad

Studio Andy Rahman Architect menjadi studio ketiga yang di kunjungi para mahasiswa. Selain seperti pada kunjungan sebelumnya yang diisi dengan presentasi karya-karya hasil rancangannya, Bapak Andy Rahman juga turut menjelaskan bagaimana konsep studionya, proses pembangunannya hingga proses transformasi karir beliau.

andyrahman

Kunjungan ke ARA Studio menjadi penutup serangkaian kegiatan Studio Tour. Kujungan  ini dimulai dengan kegiatan berkeliling ARA Studio dan mengamati aktifitas keseharian para timnya. Kunjungan juga diisi dengan diskusi bersama Bapak Hermawan Dasmanto selaku salah seorang principal architect di ARA Studio. Sesi diskusi dibuka dengan kritik terhadap mahasiswa arsitek saat ini, dilanjutkan dengan presentasi karya dan diskusi seputar topik presepsi dalam arsitektur, biro arsitektur dan lain sebagainya.

ara

Dari hasil kunjungan-kunjungan tersebut mahasiswa dapat menarik manfaat dan pengetahuan yang belum tentu diperoleh dalam proses pembelajaran formal.

Kontributor konten dan Gambar: Ivan Lilo
Share this