Himarsa Mozaik Sukses Gelar Seminar Nasional Green Building

semnashima2Pada hari senin, tanggal 14 November 2016, bertempat di Gedung Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya. Himpunan Mahasiswa Program Studi Arsitektur UIN Sunan Ampel Surabaya (Himarsa) menunjukan eksistensinya dengan menggelar acara Seminar Nasional yang bertemakan Green Building untuk Eksitensi Lingkungan Berkelanjutan.

Green building atau bangunan ramah lingkungan atau bangunan berkelanjutan saat ini sedang menjadi isu penting dalam pembangunan di Indonesia. Konsep green building tidak hanya memberikan hunian yang nyaman, namun bangunan akan memiliki nilai tambah terhadap fungsi berkelanjutan pada lingkungan. Pembangunan berkonsep green building menerapkan prinsip lingkungan mulai dari perancangan, pembangunan, pengoperasian dan pengolahan. Dengan seiring berjalannya waktu, pembangunan di Indonesia yang semakin pesat dan kebutuhan akan energi sumber daya alam terus meningkat, green building juga merupakan salah satu komponen dalam mendukung pembangunan rendah karbon, yakni melalui kebijakan dan program peningkatan efisiensi energi, air, dan material bangunan.

Selain Acara Seminar, Himarsa juga menampilkan karya-karya dari mahasiswa arsitektur UIN Sunan Ampel Surabaya yang ditampung dalam kegiatan Pameran. Pameran ini dilaksanakan di pintu masuk utama menuju seminar. Display pameran yang ditawarkan adalah foto-foto bangunan yang ada di Surabaya, dan Maket bangunan hasil karya dari Mata Kuliah Perancangan Arsitektur.

semnashima1

Seminar Nasional ini mengundang dua narasumber yang berkompeten dalam kajian Green Building. Narasumber yang pertama adalah Bapak I Gusti Ngurah Antaryama, PhD, seorang dosen jurusan arsitektur Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan bidang keahlian perancangan arsitektur dan Sains bangunan. Sedangkan Narasumber yang kedua adalah Bapak Surendro dari GBCI (Green Building Council Indonesia) sebuah lembaga mandiri (non goverment) yang berkomitmen penuh terhadap pendidikan masyarakat dalam mengaplikasikan praktik-praktik terbaik lingkungan dan memfasilitasi transformasi industri bangunan global yang berkelanjutan. Bertindak sebagai moderator adalah Ibu Rita Ernawati, M.T selaku dosen dan pembimbing Himarsa.

Seminar ini terbagi menjadi dua sesi, dimana sesi pertama dengan narasumber bapak I Gusti Ngurah Antaryama, berbicara mengenai permasalahan penerapan Green Building di Surabaya sejauh ini. Sesi kedua dengan narasumber bapak Surendro, mengenai isu global dan kaitannya dengan pentingnya penerapan konsep Green Building di Indonesia. Acara ditutup dengan penampilan tim tari tradisional dan paduan suara Prodi Arsitektur.

kontributor : Rafiika

Share this