Pelatihan Sistem Citasi Zotero bagi Mahasiswa Prodi Arsitektur

Sebagai bagian dari rangkaian  Program Pengembangan dan Pembinaan Mutu Berkala Ilmiah yang didukung oleh Diktis Kemenag RI, Prodi Arsitektur UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar kegiatan Pelatihan Sistem Citasi dengan Zotero (24 Oktober 2016) bagi mahasiswa dan bertempat di Laboratorium Integrasi UINSA. Hadir sebagai nara sumber Ummi Rodliyah, S.Ag, S.IPI, M. Hum dari Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya, serta diikuti oleh para mahasiswa Prodi Arsitektur Angkatan 2015.

fober-zotero-mhs1

Menurut pemaparan dari salah seorang dosen Prodi Arsitektur UINSA, Rita Ernawati, pelatihan ini merupakan kegiatan yang terintegrasi dengan mata kuliah Metode Penelitian Arsitektur yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam penulisan karya tulis ilmiah dengan pemanfaatan aplikasi teknologi citasi.

Aplikasi Zotero merupakan aplikasi freeware yang memudahkan akademisi (dosen dan mahasiswa) menyusun karya tulis ilmiah secara lebih efektif. Pada kegiatan ini selain dikenalkan dengan sistem citasi dengan aplikasi Zotero mahasiswa juga secara langsung mempraktekkan cara instalasi dan penggunaannya.

Salah seorang peserta menyatakan keantusiasannya dalam menerima materi dan berinteraksi secara aktif dengan narasumber. Namun menurutnya beberapa kendala teknis seperti belum terinstalnya beberapa software pendukung dapat diantisipasi dan menjadi masukan bagi pelaksanaan kegiatan serupa di waktu mendatang.

Share this